0

TIPS CARA BELAJAR DENGAN TEPAT

Rabu, 18 Februari 2009
Share this Article on :
Bagi sahabatku yang mempunyai nilai yang kurang memuaskan atau yang lainnya mungkin itu dikarenakan cara belajar sabatku yang kurang tepat, nah dibawah ini adalah bagaimana caranya belajar dengan tepat dan benar, di antara lain:


1.BELAJAR KELOMPOK
Belajar kelompok dapat menjadikan kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan karena ditemani oleh teman. Namun, sebaiknya tetap didampingi orangtua agar belajar tidak berubah menjadi bermain. Belajar kelompok ada baiknya mengajak teman yang pandai & rajin belajar agar yang kurang pandai jadi ketularan pandai. Dalam belajar kelompok kegiatannya adalah membahas pelajaran yang belum dipahami oleh semua atau sebagian kelompokbelajar baik yang sudah maupun belum dijelaskan oleh guru.

2.RAJIN MEMBUAT CATATAN (intisari pelajaran)
Bagian2 penting dari pelajaran sebaiknyadibuat catatan dikertas atau dibuku kecil.

3.MEMBUAT PERENCANAAN
Untuk mencapai sebuah tujuan biasanya diiringi oleh rencana yang baik. Oleh karena itu ada baiknya kita membuat rencana belajar & pencapaian nilai untuk mengetahui apakah kegiatan belajar yang kita lakukan telah maximal atau perlu ditingkatkan. Buatlah jadwal belajar yang baik.

4.DISIPLIN DALAM BELAJAR
Apabila kita telah membuat jadwal belajar maka harus dijalankan dengan baik. Contohnya seperti belajar tepat waktu & serius tidak sambil main2 dengan konsentrasi penuh. Tapi kalau lapar ya makan dulu, & waktu ibadah tetap beribadah karena ingat kata pepatah ”meski ilmu setinggi langit tidak beribadah apa gunanya”.

5.MENJADI AKTIF BERTANYA ; DITANYA
Bertanya jika belum ada hal yang jelas, tanya tuh pada guru, teman atau orangtua gak usah malu2 kucing. Trus tawarkanlah pada teman untuk bertanya kepada kita hal2 yang belum dia pahami. Semakin banyak ditanya maka kita dapat semakin ingat dengan jawaban & apabila kitajuga tidak tahu jawaban yang benar, maka kita dapat membahasnya bersama-samadengan teman.

6.BELAJAR DENGAN SERIUS ;TEKUN
Ketika belajar dikelas dengarkan & catat apa yang dijelaskan oleh guru. Catat yang penting karena bisa saja hal tersebut tidak ada dibuku & nanti akan keluar saat ulangan atau ujian. Jangan lupa habis dicatat jangan dibuat bantal tapi harus dipelajari.

7.HINDARI BELAJAR BERLEBIHAN
Jika waktu ujian atau ulangan sudah dekat biasanya kita akan panik kalau kita belum siap. Jalan pintas yang sering dilakukan oleh seorang pelajar yang belim siap adalah sistem SKS (sistem kebut semalam) atau istilah jawanya wayangan & juga buat contekan. Jangan deh soalnya gak baik untuk kesehatan, apalagi buat contekan... ampun.

8.JUJUR DALAM MENGERJAKAN ULANGAN/UJIAN
Hindari mencontek kalau ketahuan berbahaya...! klu g' ketahuan sih g'pp...!hehehe... tetep gak boleh kali ya!  

Semoga apa yang ada di atas bisa bermanfaat bagi sahabatku semuanya dan terutama juga bagi diri saya sendiri. amiiiiin....


Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

HAY FRIENDS.....! Bagi temen2 yang mau memberi masukan, kritik ato saran silahkan beri komentar pada blog ini... Trimakasih...