1

TIPS MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

Rabu, 18 Februari 2009
Share this Article on :


Bagi sahabatku yang akan menghadapi ujian nasional atau UN, disini ada beberapa tips agar UN sabatku semuanya berjalan dengan lancar. Persiapan untuk menghadapi ujian adalah hal yang paling penting untuk menentukan kesiapan dalam mengerjakan semua soal yang ada. Berikut ini ada 10 tips untuk membantu kita yang masih duduk dibangku sekolah dalam mengerjakan ujian :
1. Datanglah dengan persiapan yang matang ; lebih awal
Bawalah semua alat tulis yang kamu butuhkan, perlengkapan ini akan membantumu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.
2. Tenang ; percaya diri
Ingatkan dirimu bahwa kamu telah siap sedia ; akan mengerjakan ujian dengan baik.
3. Bersantailah tapi waspada
Pilihlah kursi/tempat yang nyaman untuk mengerjakan ujian. Pastikan kamu mendapatkan tempat yang cukup untuk mengerjakannya. Pertahankan posisi duduk tegak.
4. Preview soal-soal ujianmu dulu (bila ujian memiliki waktu tidak terbatas)
Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca  soal-soal  ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci ; putuskan beberapa waktu yang dibutuhkan untuk menjawab masing-masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang lebih mudah dulu, baru soal yang tersulit. Ketika kamu membaca  soal-soal , catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban.

5. Jawab  soal-soal  ujian secara strategis
Mulai menjawab pertanyaan yang mudah yang kamu ketahui, kemudian dengan  soal-soal  yang memiliki nilai tertinggi. Pertanyaan terakhir yang seharusnya kamu kerjakan adalah :
* Soal yang paling sulit
* Yang membutuhkan waktu lama untuk menuliskan jawabannya
* Memiliki nilai terkecil.

6. Ketika mengerjakan  soal-soal  pilihan ganda, ketahuilah jawaban yang harus dipilih/ditebak
Mula-mula, abaikan jawaban yang kamu anggap salah. Tebaklah slalu suatu pilihan jawaban ketika tidak ada hukuman pengurangan nilai, atau ketika tidak ada pilihan jawaban yang dapat kamu abaikan. Jangan menebak suatu pilihan jawaban ketika kamu tidak mengetahui secara pasti; ketika hukuman pengurangan nilai digunakan. Karena pilihan pertama akan jawabanmu biasanya benar, jangan menggantinya kecuali kamu yakin akan koreksi yang kamu lakukan.



7. Ketika mengerjakan soal esai, pikirkan dulu jawabannya sebelum menulis
Buat kerangka jawaban singkat untuk esai dengan mencatat dulu beberapa ide yang ingin kamu tulis. Kemudian nomori ide-ide tersebut untuk mengurutkan mana yang hendak kamu diskusikan dulu.



8. Ketika mengerjakan soal esai, jawab langsung oin utamanya
Tulis kalimat pokokmu pada kalimat pertama. Gunakan paragraf pertama sebagai overview esaimu. Gunakan paragraf-paragraf selanjutnya untuk mendiskusikan poin-poin utama secara menditail. Dukung poinmu dengan informasi spesifik, contoh atau kutipan dari bacaan/catatanmu.



9. Sisihkan 10% waktumu untuk memeriksa ulang jawabanmu
Periksa jawabanmu; hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setalah kamu menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa kamu telah menyelesaikan semua pertanyaan. Baca ulang jawabanmu untuk memeriksa ejaan, strukrur bahasa; tanda baca. Untuk jawaban matematika, periksa bila ada kecerobohan (misalnya salah meletakkan desimal). Bandingkan jawaban matematikamu yang sebenarnya dengan perhitungan ringkas.



10. Analisis hasil ujianmu
Setiap ujian dapat membantumu untuk mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya. Putuskan strategi mana yang sesuai denganmu. Tentukan strategi mana yang tidak berhasil & ubahlah. Gunakan kertas ujian sebelumnya ketika belajar untuk ujian akhir. Sumber: www.studygs.net perlu diingat, belajarlah jauh-jauh hari sebelum hari ujain tiba. Ushakan jangan menggunakan sistem kebut semalam. Justru pada hari-hari mendekati ujian, badan; pikiran harus rileks, makanlah makanan yang bergizi.

MARU


Artikel Terkait:

1 komentar:

maru mengatakan...

your blog is very good...! i like it...!

Posting Komentar

HAY FRIENDS.....! Bagi temen2 yang mau memberi masukan, kritik ato saran silahkan beri komentar pada blog ini... Trimakasih...